Pages

Saturday, March 21, 2015

Mengenal Kain Chiffon



(Bogor, Rosalina Anggraeni) Kain Chiffon atau Kain Sifon merupakan kain yang terbuat dari sutra, katun, nilon, polyester, atau rayon. Kain sifon ini cenderung tipis dengan kilau samar dan penenunan sederhana. Bahan yang lembut dan transparan ini ditemukan pada 1938. Sifon dibuat secara eksklusif dari serat sutra. Sejak awal 1950-an, pemakaiannya menjadi lebih luas karena seratnya lebih kuat dan harganya relatif terjangkau dibanding sutra murni.

Kain Chiffon atau Sifon cocok digunakan untuk pakaian formal dan cocok juga untuk gaun malam. Sebagian besar kerudung, hijab atau pashmina yang sering digunakan wanita muslim Indonesia masa kini berbahan kain Sifon.

Bahan kain sifon sendiri paling banyak menggunakan bahan sintetis, karena bahan sintetis untuk pewarnaan kain sangat baik, untuk proses pembuatan juga relatif lebih mudah, dan bahan sintetis cenderung lebih kokoh.

Dalam pakaian resmi, kain sifon sering digunakan sebagai lapisan di atas kain lebih buram. Kain mengambang di atas, menambahkan kilau dan tekstur untuk gaun. Kain sifon ini juga digunakan untuk atasan, rok, dan gaun serta syal, ikat pinggang, dan aksen.