Pages

Wednesday, September 16, 2015

Cantik Itu Tidak Harus Mahal


Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik untuk diri sendiri ataupun di hadapan orang lain. Tetapi seringkali kita salah memaknai cantik itu dan menganggap bahwa kecantikan wanita hanya tertumpu pada keindahan fisik. Tidak heran banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi terlihat cantik . Bahkan ada yang rela melakukan hal ekstrem yang dapat membahayakan nyawanya seperti operasi plastik, suntik silicon, dsb. Hal tersebut tentu sangat dilarang oleh agama Islam. Karena segala sesuatu yang merubah bentuk ciptaan Allah itu dosa, karena kita tidak mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Cantik menurut pandangan dunia adalah yang memiliki kulit putih sebagai lambang kecantikan, tubuh tinggi dan proporsional sebagai lambang kebugaran. Yang seperti itu adalah cara pandang yang keliru dalam pandangan agama Islam. Pengertian cantik yang sesungguhnya menurut Islam adalah kecantikan hakiki yang berasal dari dalam hati (inner beauty). Apakah kelihatan cantik dilarang oleh agama ? Cantik yang seperti apakah menurut pandangan islam ?
Berikut beberapa tips cantik menurut Islam :

1. Agar wajah terlihat berseri-seri, cucilah minimal 5 kali sehari dengan air wudhu, biarkan menetes dan kering dengan sendirinya. Ambillah sajadah, dan laksanakan sholat

2. Agar mata wanita muslimah menjadi indah, carilah kebaikan pada diri setiap orang, biasakan mata melihat sesuatu yang positif dan membaca Al Quran, serta tundukan pandangan kecuali kepada kebaikan.

3. Untuk mendapatkan bibir yang cantik, sering-seringlah bibir kita dipakai untuk berdzikir dan berdoa, ucapkan kata-kata kebaikan, bisikkan kalimat-kalimat Allah, tidak menyakiti hati orang lain, tidak dipakai untuk menyombongkan diri atau takabur.

4. Supaya kita awet muda biasakan untuk senyum, salam dan sapa. Senyum tidak hanya dibibir tetapi juga dihati. Dan berdoa ketika berdandan (berkaca) yang doanya itu adalah sebagai berikut :
“Allohumma khamma khasanta kholqi fahassin qalqi”. Ya Alloh sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku. Maka perindah pula akhlaqu (H.R Akhmad)

5. Untuk menghilangkan stress dan kerutan diwajah, perbanyaklah olahraga. Tetapi jika tidak sempat pergi untuk ke tempat fitness, cukup dengan memperbanyak sholat, baik sholat wajib atau sholat sunnah. Agar hati kita lebih tenang, curhatkanlah kepada Alloh dengan melaksanakan sholat tengah malam atau sholat tahajjud dan keluarkan segala keluh kesah yang selama ini kita rasakan.

6. Untuk mendapatkan tubuh yamg langsing dan proporsional cukup dengan melakukan pusas sunnah (senin-kamis) dan makan-makan yang bergizi.

7. Agar kita dapat dipandang lebih anggun, maka pakailah jilbab dan berpakaianlah sesuai tuntunan agama.


Dan sungguh jika seorang muslimah menghiasi dirinya dengan pakaian, sabar, istiqomah, qana’ah maka Insya Allah tempat terpuji akan menunggu kita yaitu surga. Itulah hakikat cantik menurut pandangan Islam. Bila saat ini kita telah mempercantik diri sesuai dengan aturan Allah secara lahiriyah, maka mari kita berusaha untuk mempercantik diri secara batiniah seperti sabar, tawakal dan lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan demikian sempurnalah kecantikan kita sebagai seorang muslimah.

Ternyata cantik menurut pandangan Islam jauh lebih mudah dan murah daripada cantik menurut pandangan dunia. Cantik secara rohani ternyata lebih abadi dan kekal di akhirat daripada yang secara jasmani saja. Sesungguhnya cantik yang alami datangnya dari dalam hati. Namun alangkah lebih baiknya cantik secara jasmani dan rohani.

Bagaimana ? Mudah dan murah sekali bukan cantik menurut pandangan Islam. Daripada cantik menurut pandangan dunia yang akan menghabiskan uang saku kita.
Cantik itu tidak harus mahal Sekarang pilihan ada di tangan anda. Mau yang simple, murah, mudah, atau mahal dan ribet ???
Semoga Kita semua selalu istiqomah dijalan Allah.

Ditulis Oleh Tim Penulis Kamila Muslimah