Pages

Wednesday, September 30, 2015

Tips Memilih Busana Muslim Yang Nyaman

Beberapa orang memiliki alasan tersendiri ketika mengenakan pakaian busana muslim. Ada yang bertujuan untuk memenuhi kewajiban perintah agama hingga pada alasan yang paling ekstrim yaitu ingin sekedar mengikuti mode dan trend busana muslim agar terlihat keren serta tidak ketinggalan jaman. Semua alasan itu sah-sah saja selama tujuannya baik dan tidak menyimpang dari aturan yang berlaku.

Kadang kita merasa kebingungan saat membeli baju muslim. Karena busana muslim sekarang ini berkembang cukup pesat. Dan seorang muslimah bisa tampil lebih percaya diri dengan busana muslim yang dikenakannya. Berikut ini beberapa Tips Memilih Busana Muslim Yang Nyaman Ketika Digunakan :

1. Sesuaikan Dengan Kaidah Yang Diajarkan Dalam Islam
Busana Muslim harus sesuai dengan kaidah yang disyaratkan dalam Islam. Perhatikan panjang baju muslim. Pilihlah baju muslim yang dapat menutup aurat secara sempurna. Selain itu, pilih juga bahan yang tidak terlalu tipis dan tidak tembus pandang. Pastikan model baju tidak terlalu ketat sehingga membuat lekuk tubuh kamu semakin menonjol.


2. Pilih corak atau warna busana yang sesuai dengan karakter
Setiap individu mempunyai style dan bentuk tubuh yang berbeda. Jika anda mempunyai bentuk tubuh ramping, hal ini akan lebih leluasa dalam menentukan warna busana muslim yang akan dikenakan. Warna-warna gelap dan terang bisa menjadi pilihan sesuai selera anda, yang penting dapat mendukung aktivitas dan nyaman pada saat dipakai. Berbeda halnya jika anda adalah seorang wanita dengan bentuk tubuh gemuk, maka sangat dianjurkan untuk memilih warna-warna polos dan tidak terlalu terang. Satu catatan penting bagi anda yang bertubuh gemuk, hindari memilih warna hijau atau merah menyala, karena akan terlihat aneh dan tentunya tidak nyaman untuk dikenakan.

3. Pilih bahan yang tidak panas
Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti ini, wajib bagi kita untuk  menyesuaikan jenis bahan dan model pakaian yang dikenakan. Pemilihan bahan yang tidak terlalu panas merupakan suatu keharusan untuk memperoleh kenyamanan dalam berpakaian. Jangan sampai anda hanya mengikuti  trend mode sebuah fashion, namun pada akhirnya tidak nyaman karena cuaca dan udara panas memicu bau badan akibat keringat berlebih dikarenakan baju yang panas.Bahan baju yang cocok untuk diguanakan seperti bahan katun yang mudah menyerap keringat.



4. Jangan Takut Memilih Warna
Beranilah berekspresi untuk menciptakan paduan warna yang menarik antara baju dengan Hijab yang kamu gunakan. Kreasikan juga hijab yang kamu gunakan sehingga menghsilkan tampilan yang lebih menarik.

5. Kualitas dan Harga
Pertimbangan terakhir dalam menentukan jenis baju adalah masalah kualitas dan harga. Kedua variabel ini seringkali bergerak sejajar dalam pengertian bahwa kualitas yang bagus pasti berharga mahal. Hal ini tak sepenuhnya benar, karena ukuran bagus tidaknya sebuah barang ditentukan oleh banyak faktor.
Baju muslim yang bagus dapat dinilai dari kain atau bahan yang digunakan, bentuk model, warna, serta jahitan baju. Tidak semua baju mahal dikatakan bagus, demikian pula sebaliknya belum tentu baju bagus berharga mahal. Semua ditentukan oleh selera tiap individu. Jangan terkecoh dengan harga mahal yang belum tentu bagus.

Yang terpenting dari pemakaian busana muslim harus nyaman dan sesuai dengan syar'i dari ajaran islam. Hendaklah memilih busana muslim dengan ukuran yg sesuai dengan tubuh, artinya tidak kekecilan dan juga tidak kebesaran dan terasa nyaman saat dipakai dan saat bergerak. Memilih baju yang agak kecil atau ketat bisa mempersulit saat bergerak bahkan tidak nyaman saat di kenakan.

Pilihlah busana muslim dengan model serta warna yang sesuai untuk aktivitas. Jika pemakai banyak melakukan beraktivitas, alangkah lebih baik jika memilih busana muslim yang menggunakan bahan mudah menyerap keringat dan tidak mudah kusut.

Demikian ulasan singkat mengenai tips memilih baju muslim yang nyaman,Semoga memberikan manfaat bagi kalian pembaca pembaca blog kami.