Pages

Monday, October 5, 2015

Perbedaan Jenis Kain Ciffon, Hycon dan Cerutti


Sekedar berbagi informasi dengan teman- teman agar kita mengetahui perbedaan antara jenis kain ciffon, hycon, dan ceruti agar kita tau pasti barang yang kita beli. Ada yang tahu perbedaannya???
Berikut ini Kami akan membahas perbedaan antara jenis kain ciffon, hycon, dan ceruti :

Ciffon


Chiffon berasal dari cara penyebutan orang perancis pada kain yang ringan. ciffon sebenarnya dibuat dari berbagai kain yang menjadikan perbedaan harga padanya, yaitu katun, sutra, atau serat sintetis.ciffon bila dilihat dengan kaca pembesar menyerupai sebuah jarring sehingga ia bisa tembus pandang.ciffon yang terbuat dari serat alami dapat dicelup ke hampir semua warna, tetapi ciffon yang terbuat dari polyester membutuhkan khusus zat warna dispersi.

Lantas apa perbedaan kain ciffon, hycon, dan ceruti?

Hycon dan ceruti merupakan pengembangan dari ciffon dan masih merupakan turunan dari kain ciffon.Tak jarang perbedaan persentase bahan yang digunakan untuk membuatnya membuat kain ciffon ini punya banyak jenis seperti berikut :

1. Hycon ternyata salah satu jenis Chiffon, tektstur lembut dan tidak licin. Hycon memiliki beragam kualitas, mulai jilbab hycon polos seharga 10.000 - 15.000 sampai hycon dengan kualitas kain dan jahitan rapi.

2. Chiffon Silk memiliki tekstur yang paling licin dibanding dengan jenis kain lainnya. Tapi jangan salah, meskipun bertekstur licin, jenis kain ini memiliki kelebihan permukaan kainnya sedikit berkilau dan tampak mewah untuk ke pesta.

3. Chiffon Fine biasanya digunakan untuk pashmina, motifnya banyak, tekstur lembut. Jenis kain ini tidak terlalu licin dan menghasilkan draperi cantik ketika dikreasikan. Biasa pula dikenal dengan Chiffon Import.

5. Cerutti merupakan jenis Chiffon yang paling jadi unggulan. Tekturnya yang sedikit kasar sangat praktis tanpa perlu penyematan jarum pentul terlalu banyak. Cerutti cenderung sedikit lebih tebal dibanding jenis chiffon lainnya.

Perbedaan kain Ciffon, Hycon dan Cerutti

Susah untuk mendefinisikan perbedaan antara bahan ciffon, ceruti dan hycon kenapa? Karena ceruti dan hycon adalah turunan dari bahan ciffon.

Banyak yang mengatakan hycon adalah barang yang paling murah diantara Ciffon dan ceruti, benarkah?faktanya, Hycon kadang-kadang juga dianggap sebagai kain semi sutra, dan juga dianggap sebagai bagian dari spandek..

Bila kita melihat seragam bola yang dijual murah, itulah sebenarnya kain Hycon, ia memiliki elastisitas akan tetapi memiliki sifat mengkilap yang diwarisi dari campuran polyester sebagai bahan campuran ciffon.
Kain hycon juga lebih tebal dan biasanya bisa dipakai sebagai bahan pakaian tanpa perlu dilapisi kain apapun, tidak  seperti ciffon pada umumnya. Untuk permukaan kainnya ia memiliki banyak kesamaan dengan ciffon, yaitu licin dan mengkilat, tetapi sebagian hycon yang dicampur sepandek memiliki kelenturan, sedangkan hycon bahan jilbab jelas mudah dibedakan dengan ciffon apalagi ceruti, karena bahan hycon lebih tebal dari ciffon dan cerutti.

Sedangkan ceruti, sebagai kain yang sering dianggap lebih mahal dari kain ciffon maupun hycon, memiliki ciri khas yang berbeda pada serat dan permukaannya, selain itu memiliki tekstur lembut. Seratnya biasanya terasa lebih bergurat dan berpori, dan permukaannya sebagian orang memiripkannya dengan kulit jeruk.

lantar bagaimna dengan kain ciffon itu sendiri?

Kain Ciffon berbeda dengan hycon karena ia lebih licin permukaannya dan juga lebih halus, selain itu lebih ringan. Jika patokan ini juga susah digunakan dikarenakan telah begitu cerdik dan pintarnya pembuat kain memodifikasi kain, maka bisa kita ambil satu patokan paling sederhana, ciffon lebih ringan dari hycon, dan seharusnya lebih memiliki sifat seperti kain sutra bila ia berkualitas bagus.

kain ciffon juga berbeda dengan ceruti karena tidak memiliki tekstur seperti kulit jeruk dipermukaannya.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang perbedaan jeis kain ciffon, hycon dan cerutti. semoga bermanfaat

Dirangkum Dari Berbagai Sumber Oleh Tim Penulis Kamila Muslimah